Digital marketing
DEFINISI DIGITAL MARKETING
Digital marketing adalah jenis pemasaran yang mempromosikan, menjual produk dan layanan yang memanfaatkan media digital seperti, SMS marketing, media sosial, Google dan email.
Tujuan dari digital marketing adalah menarik konsumen secara cepat. Seperti yang telah kita ketahui, penyebaran internet di masyarakat sangat luas. Sehingga hal ini dimanfaatkan banyak perusahaan untuk memasarkan produk-produknya.
Akibatnya, terdapat persaingan antar perusahaan. Mereka saling berkompetisi dalam membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di media sosial.
KELEBIHAN DIGITAL MARKETING
1. Kecepatan Penyebaran
Dengan digital marketing pemasaran suatu produk dapat dilakukan hanya dalam hitungan detik. Selain itu, digital marketing juga dapat diukur secara realtime dan tepat.
2. Jangkauan Lebih Luas
Selanjutnya yaitu jangkauan geografis yang sangat luas. Kamu bisa menyebarkan produk ke seluruh dunia dengan mudah hanya dengan memanfaatkan internet.
3. Spesifik dan Tertarget
Strategi digital marketing dapat diterapkan dengan menjangkau target konsumen yang spesifik. Penargetan ini dapat disesuaikan berdasarkan usia, gender, lokasi, dan customer behavior lainnya. Salah satu kanal digital marketing yang dapat menerapkan target pasar dengan spesifikasi tertentu adalah layanan SMS LBA. SMS LBA (Location Based Advertising) adalah pengiriman pesan promosi dengan menargetkan kriteria penerima pada jangkauan area tetentu.
4. Kemudahan Evaluasi
Dengan memanfaatkan internet, hasil dari pemasaran langsung diketahui. Dari berapa banyak produk kamu ditonton, berapa banyak orang yang melihat serta berapa persen konversi penjualan dari setiap iklan yang dipasarkan.
Dengan begitu, kamu dapat mengevaluasi iklan mana yang baik dan buruk. Sehingga kamu dapat melakukan perbaikan untuk periode selanjutnya.
5. Membangun Nama Produk
Digital marketing dapat membantu kamu dalam membangun nama produk dengan baik. Keberadaan dunia maya dengan adanya produk kamu sangat penting, karena orang akan melakukan pencarian online sebelum membeli produk dari bisnismu.
6. Murah dan Efektif
Biaya untuk melakukan digital marketing cenderung lebih murah daripada cara pemasaran konvensional. Dengan digital marketing, pembiayaan bisa menyesuaikan target konsumen dari iklan yang diinginkan.
LANGKAH STARTEGI DIGITAL MARKETING
1. Tentukan Identitas Bisnis
Langkah pertama adalah menyiapkan identitas digital bisnismu, disebut juga dengan Digital Assets Development. Aktivitas tersebut dilakukan dengan cara membuat website ataupun akun media sosial seperti, Instagram, Facebook, Tiktok dan lain-lain.
2. Lakukan Strategi Digital Marketing
Melakukan optimasi SEO (Search Engine Optimization). SEO yaitu upaya untuk mengoptimasi sebuah situs agar memperoleh peringkat teratas pada hasil pencarian.
3. Jangkau Lebih Banyak Target dengan Pengiriman Pesan
Pengiriman pesan adalah salah satu strategi digital marketing melalui SMS, Whatsapp dan lain-lain. Dengan pengiriman pesan, publik akan mudah mengetahui layanan atau promosi dari bisnismu.
4. Email Marketing Activities.
Meskipun alat komunikasi ini dianggap kuno, nyatanya email masih mampu meningkatkan pemasaran suatu bisnis. Hal tersebut dikarenakan, semua pengguna smartphone diharuskan memiliki akun email masing-masing
Contoh barang yang di perjual belikan dengan cara digital marketing
1. Baju
2. Celana
3. Sweater
Barang-barang tersebut di jual belikan di toko e-commerce salah satunya Shopie.
Komentar